INDENPRES MEDIA ISTANA

Tuesday 13 March 2012

Arogansi Oknum Satpol PP Terhadap Wartawan



Berita yang ditulis oleh salah satu harian mingguan lokal Semarang berjudul “Soemarmo Pernah Digerebek dugaan Perselingkuhan dengan Stafnya” bahwa Walikota Semarang H. Soemarmo terduga mempunyai kisah kasih atau perselingkuhan dengan salah satu stafnya yaitu Dwi Arti Handayani atau Wiwik, yang beralamat di Jalan Sendangguwo Baru IV Semarang.
“Dan ada dugaan bahwa jabatan yang diemban Wiwik sekarang adalah terduga ada kaitannya dengan hubungan mesra” kata beberapa sumber di PNS Kota Semarang.
Menurut wartawan salah satu media mingguan tersebut, pemberitaan itu sebenarnya sudah dikonfirmasi kepada yang bersangkutan menghadap langsung, namun di satu sisi ada oknum yang mengaku Satpol PP Kota Semarang membuntuti wartawan tersebut (H.3) saat menyebarkan dan menyetor koran ke agen-agen, bahkan pada waktu yang sama kita wartawan tersebut sedang berada di SPBU Kalibanteng dipepet oleh tiga orang tak dikenal dengan berpakaian preman dan menggedor-gedor pintu mobilnya sambil mengucapkan kata-kata “mengancam mau membunuh” dan dengan arogannya mengatakan bahwa saya suruhan Walikota dan Kasatpol PP kota Semarang. “Keluarga wartawan tersebut juga sempat diteror dengan mendatangi rumahnya dan dengan menggedor pintu rumahnya sehingga anak dan istrinya ketakutan”. Sebutnya.
Dari kejadian di atas nomor seluler Walikota Semarang yang sudah dihubungi berulang kali tidak aktif, begitu juga saat di SMS tidak ada balasan, bahkan telepon rumahnya pun tidak ada yang mengangkat. Arogansi di atas menimbulkan kemarahan dari semua wartawan yang tergabung di salah satu perhimpunan wartawan Jawa Tengah yang terdiri lebih kurang sebanyak 24 wartawan mingguan baik lokal maupun Jakarta, mendatangi Kantor Satpol PP Kota Semarang guna meminta klarifikasi kebenaran dari pernyataan 3 (tiga) orang tersebut yang mengancam salah wartawan di atas. Hal ini dibenarkan oleh Kasatpol PP Gurun.
Kasatpol PP Gurun didampingi oleh Amoy salah satu Kasie Satpol PP setelah dikonfirmasi di hadapan belasan wartawan di salah satu rumah makan membenarkan bahwa tiga orang tersebut adalah anak buahnya bagian intel, namun Kasatpol PP tidak menyuruh untuk mengancam ataupun membuntuti, menggedor-gedor dan meneror keluarga wartawan tersebut. “Mungkin adalah kesalahan manusiawi, mungkin di lapangan panas-panas dan perut lapar, kepala pusing. Hal itu bisa terjadi, sekali lagi saya tidak menyuruh, ini perlu digaris bawahi” tegas Gurun. (Tim Investigasi BIN)

No comments:

Post a Comment