INDENPRES MEDIA ISTANA

Wednesday 31 October 2012

Pendukung Rina Demo Gara-Gara Kasus GLA Dibuka Lagi Oleh Kejari Karanganyar.

Karanganyar- Jawa Tengah.
           Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah menegaskan tetap menindaklanjuti proses pemeriksaan terhadap belasan nama terkait penyelidikan kasus korupsi perumahan bersubsidi Griya Lawu Asri ( GLA ). Kepala Kejaksaan Negeri Karanganyar, Agus winoto mengungkapkan, rencana untuk memeriksa sebanyak 18 nama terkait kasus korupsi GLA tersebut bakal tetap digelar di Kejaksaan Negeri Karanganyar hari ini.
          Sebagai fasilitator, Agus pun menyatakan, sejauh ini pihaknya telah menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh tim pemeriksa dari Kejati Jawa Tengah. Seperti menyiapkan berkas pemeriksaan yang diperlukan empat ruangan khusus hingga mengirimkan surat kepada 18 nama terkait.
            Menurut Agus jika dalam pemeriksaan para saksi sejumlah 18 orang tidak kondusif atau ada gangguan, maka Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) siap mengambil alih.
            Menanggapi aksi demonstrasi yang dilakukan oleh ratusan warga pendukung Bupati Karanganyar Rina Iriani, menurut Agus, langkah pemeriksaan yang dilakukan pihak kejaksaan merupakan tindak lanjut supervisi yang dilayangkan KPK. Jadi langkah ini baru sebatas pemeriksaan, hasilnya apa nanti juga akan diberitahukan. Apakah status dari kasus tersebut patut ditingkatkan penyidikan atau tidak, akan diumumkan paling tidak sebulan setelah pemeriksaan.
              Salah satu demo bernama Hariyanto mempertanyakan dengan kembali dibukanya kasus GLA yang notabene telah selesai divonis tersebut. Terkait hal tersebut, Hariyanto juga mempertanyakan profesionalitas pihak kejaksaan dalam menyikapi kasus tersebut.
              Menurut Hariyanto, kalau memang kasus ini dahulu sudah ditutup, kenapa sekarang ini diungkit lagi ? Hariyanto mengharapkan dari kejaksaan bisa lebih fair dan benar-benar murni dalam menyikapi kasus tersebut.
              Sementara itu ratusan warga dari berbagai wilayah di Karanganyar tampak berkumpul di depan kantor Bupati Karanganyar, Dan ratusan massa itu lalu melakukan long march dari alun-alun menuju kantor Kejari Karanganyar. Demonstrasi diiringi reog dan berbagai spanduk yang berisikan pesan dukungan terhadap Bupati Karanganyar Rina Iriani yang kini kembali dikaitkan dengan kasus GLA.
             Setelah menggelar orasi di luar pagar kantor Kejari Karanganyar, sejumlah perwakilan pendemo dipersilahkan masuk bertemu dan berdialog langsung dengan KepalaKejaksaan Negeri Karanganyar. Mereka menggelar pertemuan secara tertutup selama hampir satu jam.
             Ketua Forum Rakyat Kabupaten Karanganyar, Hariyanto, mengatakan bahwa pada prinsipnya minta kejelasan bahwa kasus tersebut tidak ada intervensi dari pihak manapun.Dan juga minta kejelasan sejauh mana kasus ini akan diperiksa, kalau memang tidak bersalah segera saja ditutup. ( Andu )

No comments:

Post a Comment