INDENPRES MEDIA ISTANA

Thursday 4 October 2012

Pelaksana Proyek Pasar Bulu Semarang Usir Wartawan.

Semarang-Jawa Tengah.
          Pelaksana proyek Pasar Bulu Semarang melarang wartawan yang akan melakukan peliputan tentang berkembang atau progress pembangunan pasar di lokasi proyek. Dengan berdalih tidak boleh memberikan keterangan soal perkembangan Pasar Bulu, pelaksna proyek mengusir wartawan yang akan melakukan wawancara. Dan sejauh ini, pelaksanaan pembangunan pasar itu baru mencapai 25 % dari target.
           Seorang Satpam meminta wartawan untuk mememui Ketua Pelaksana Proyek Heru Danujo. Namun begitu dipersilahkan masuk ke ruangnya. Heru menolak untuk memberikan komentar dengan alasan harus ada izin tertulis dari Kepala Dinas Pasar Kota Semarang. Meski melihat langsung saat wartawan meminta izin kepada Kepala Dinas Pasar Kota Semarang, Heru Danujo tetap menolak memberi keterangan.
          Sementara target penyelesaian pembangunan tahap pertama eks Pasar Bulu, Kota Semarang terancam meleset dari yang ditentukan bulan Desember tahun 2012. Hingga saat ini, progres kegiatan proyek dengan biaya Rp 36,7 miliar ini baru mencapai 25 %.
           Ketua Pelaksana Proyek dari PT Sinar Cerah Sempurna (SCS ), Heru Danujo, pekerjaan pembangunan pasar Bulu untuk bagian tengah yang dibiayai oleh APBD Kota Semarang sudah mencapai sekitar 25 %. Sedangkan di bagian utara yang dibangun dengan anggaran dari APBN sudah sekitar 30 %.
           Dalam pantauan di lapangan bahwa alat berat dan beberapa pekerja sibuk melakukan pemasangan tiang pancang dan kerangka beton untuk pondasi. sebagian di blok utara baru menyelesaikan kerangka baja di lantai pertama dari rencana pembangunan tiga lantai. Pekerja yang lain juga terlihat masih mempersiapkan besi cor.
           Pasar Bulu Semarang baru dibangun di atas lahan seluas sekitar satu hektar. Heru juga mengatakan, pembangunan tahap pertama, untuk bagian utara yang anggarannya merupakan APBN, bisa ditempati pedagang pada awal tahun. untuk tahap kedua langsung dilanjutkan hingga selesai pada tahun 2013.
           Kendati sejak dibangun mulai Agustus hingga Oktober awal baru mencapai segitu, dirinya optimis bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut tepat waktu, hal itu dikatakan oleh Heru. Dikatakan pula oleh Heru bahwa pekerjaan banyak dan bekerja selama 24 jam,menanam paku bumi sebanyak 1.371 titik dan itu hampir selesai. Sejauh ini pekerjaan pembangunan juga tidak menemui kendala apapun yang bisa menghambat, karena semua bekas bangunan lama sudah bisa dibersihkan. Jadi tidak ada batu besar yang menghalangi pemasangan tiang pancang, dan tidak ada penurunan tanah.
            Terpisah,  Kepala Dinas Pasar Kota Semarang, Nugroho Joko Purwanto menerangkan, berdasarkan laporan kontraktor, pembangunan eks Pasar Bulu Semarang baru mencapai 20 %. Pembangunan masih melakukan pekerjaan pemasangan pondasi yang ditargetkan bulan ini selesai. Semua berjalan lancar dan akan selesai sesuai target pada Desember 2012 nanti. ( Andu )

No comments:

Post a Comment