INDENPRES MEDIA ISTANA

Thursday 4 October 2012

Dishubkominfo Kota Semarang Kesulitan Atur Parkir di Jalur Sepeda.

Semarang- Jawa Tengah.
         Hingga saat ini, jalur sepeda yang ada di sejumlah ruas jalan di kota Semarang masih belum optimal, bahkan beberapa ruas jalan yang diperuntukkan untuk jalur sepeda digunakan oleh kendaraan lain untuk parkir. Seperti jalur sepeda diJalan Pemuda Semarang sering digunakan parkir kendaraan roda empat maupun roda dua. Sehingga fungsi jalur sepeda hilang dan sering menyebabkan kemacetan lalu lintas.
         Pada jam tertentu, kemacetan yang terjadi bahkan bisa cukup parah. Badan Jalan Pemuda penuh sesak dengan kendaraan. Sehingga pengguna kendaraan harus berjalan merayap.Jika terus dibiarkan, dikhawatirkan kemacetan semakin parah hingga bundaran Jalan Pemuda ikut terkendala dampaknya.
         Hal itu diungkapkan oleh Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang Wiwin Subiyono mengatakan bahwa persoalan parkir di jalur sepeda ini, juga menjadi pembahasan serius di Komisi C DPRD Kota Semarang.
           Dijelaskan pula oleh Wiwin, Dishubkominfo Kota Semarang harus segera mengambil tindakan tegas. Pelanggaran parkir di jalur sepeda iu telah merampas hak warga pengguna sepeda.
          Dewan juga meminta Dishubkominfo Kota Semarang bertindak tegas dengan menggembok kendaraan yang nekat melanggar parkir. Jika memungkinkan, Dishubkominfo Kota Semarang dapat segera mengajukan ke dewan mengenai pengadaan gemboknya. Sebab masih digunakan jalur sepeda di Jalan Pemuda sebagai tempat parkir kendaraan, dinilai juga telah menyebabkan kemacetan.
         Di Kota Semarang sendiri ada 19 ruas jalan telah ditentukan untuk jalur sepeda, yakni Jalan Raya Mangkang, Kaligawe, Jenderal Sudirman, Siliwangi, Soegijopranoto, Indraprasta, Imam Bonjol, Pemuda, Pandanaran, MT Haryono, Ahmad Yani, Brigjend sudiarto, Dr Cipto, Gajahmada, MH Thamrim, Ronggowarsito, Diponegoro, Pahlawan, dan bundaran Simpanglima Semarang.
        Sementara itu, Kepala Dishubkominfo Kota Semarang Ednawan Haryono mengatakan, bahwa pihaknya kesulitan sekali untuk mengatur parkir di jalur sepeda diJalan Pemuda tersebut. Sebenarnya Dishubkominfo Kota Semarang sudah memasang rambu dan menempatkan petugas pengatur di lokasi tersebut. Selain itu, telah melakukan imbauan agar kendaraan penjemput anak sekolah untuk parkir di dalam DP Mall Semarang. ( Andu ) .

No comments:

Post a Comment