INDENPRES MEDIA ISTANA

Sunday 21 October 2012

Bibit Waluyo PD Mirip Gatotkaca Maskot Pilgub 2013.

Semarang-Jawa Tengah.
         Gubenur Jawa Tengah Bibit Waluyo tetap cuek menyikapi kontroversi maskot Gatotkaca. Bahkan Gubenur Jawa Tengah Bibit Waluyo bangga dan pd ( percaya diri ) bisa disamakan dengan karakter pewayangan tersebut.
          Bibit Waluyo justru mempersilahkan masyarakat untuk menganalisis soal maskot. Tidak hanya itu, penilaian beberapa pihak bahwa maskot Gatotkaca itu mirip dirinya pun tidak dipermasalahkannya.
          Dari hasil audiensi dengan KPUD Jawa Tengah, Bibit mengatakan, maskot itu merupakan hasil lomba. Menurut KPU, kata dia, saat itu juri sspakat maskot Gatotkaca menjadi pemenangnya.
         Dikatakannya pula, saat itu KPU menceritakan soal maskot-maskot di pemilihan kepala daerah lainnya seperti simbol telur atau monyet. Dari sekian banyak maskot itu, menurut penjelasan KPU, simbol -simbol tersebut tidak berkorelasi dengan tokoh yang menang dalam pilkada.
        Sekilas tadi disampaikan KPU Jawa Tengah kalau maskot tersebut hasil lomba, bukan keinginan KPUD Jateng. Dari sekian karya yang masuk, juri menghendaki yang menang orang dari Bekasi, ya sudah itu sah menurut hukum.
         Terpisah, Komisi Informasi Provinsi ( KIP ) Jawa Tengah menilai KPU sebagai penyelenggara pemilu itu tidak melaksanakan UU No 14/2008 tentang keterbukaan Informasi Publik. Pasalnya, sikap KPU kini masih tertutup mengenai proses pemilihan tokoh Gatotkaca sebagai maskot Pilgub 2013 mendatang.
         Menurut Anggauta KIP Jawa Tengah Irianto,, dengan telah diumumkannya pemenang lomba maskot pilgub itu kepada masyarakat, maka sudah menjadi dokumen publik yang bisa diakses semua orang.
          Menurut Irianto menilai nama identitas juri lomba maskot pilgub bukan termasuk informasi yang dikecualikan sesuai ketentuan UU No 14/2008. Menurut Irianto informasi yang dikecualikan itu seperti informasi yang dapat menghambat proses hukum, membahayakan pertahanan dan keamanan negara, mengungkapkan kekayaan alam Indonesia, merugikan ketahanan ekonomi nasional, dan yang merugikan kepentingan hubungan luar negeri.
           Pilgub 2013 mendatang, digambarkan Gatotkaca berkumis tebal sedang terbang dan sembari tersenyum memasukkan surat suara  ke kotak. Dari penelian aktivis LSM gender Legal Recources Center Kekerasan Jender dan Hak Azazi Manusia ( LRC-KJHAM ) Jawa Tengah mengkritik maskot itu lebih berpihak pada calon gubenur laki-laki dan menilai lebih berpihak pada calon gubenur laki-laki dan menilai lebih menyimbolksn kekuatan dan kekuasaan incumbent Bibit Waluyo.
         Menurut Irianto semestinya KPU Provinsi Jawa Tengah tak perlu menutupi semua terkait tentang dokumen lomba maskot pilgub tersebut. Sebagai contoh, identitas para juri dan alokasi dananya. ( Andu ).

No comments:

Post a Comment