INDENPRES MEDIA ISTANA

Saturday 22 August 2020

Meski Calon Tunggal, Partisipasi Pemilih di Pilwalkot Semarang Diharapkan Terjaga.

Semarang, ( INDENPERS-MEDIA )----Meski hampir pasti Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang, pada tanggal 9 Desember 2020, hanya diikuti oleh pasangan calon tunggal, Hendrar Prihadi (Hendi) dan Hevearita (Ita), namun tetap saja sejumlah upaya penjagaan keamanan dipersiapkan.

Pasalnya faktor keamanan menjadi salah satu kunci suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi yang berlangsung lima tahunan tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat membuka Rakor Operasi Candi Mantap, baru-baru ini.

Digelar di Ruang Rama Sinta Hotel Patrajasa. hadir dalam rakor pengamanan tersebut para ketua partai politik, pimpinan OPD, camat se-Kota Semarang, jajaran TNI, Polri, KPU serta Bawaslu Kota Semarang.

Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu menegaskan, jika kesukses pengamanan pemilihan Wali Kota Semarang nantinya, akan menjadi salah satu faktor penentu tingginya partisipasi pemilih.

“Selain Luber dan Jurdil, kesuksesan Pemilu juga terlihat dari tingginya partisipasi masyarakat pada Pilkada mendatang.

Untuk itu keguyuban dan peran aktif seluruh pihak mulai dari pemerintah, pelaksana pemilu, TNI Polri, partai politik sangat diperlukan," tekan Hendi.

"Keamanan serta kenyamanan bagi seluruh warga bangsa dalam menyalurkan hak demokrasinya di TPS, akan menjadi fakor penting penentu jumlah partisipasi pemilih," lanjutnya.

Dipaparkan Hendi, partisipasi pemilih di Kota Semarang terpantau cukup tinggi mulai dari Pilkada 2015, Pilgub hingga Pilpres 2019 yang mencapai 83%.

Angka ini diharapkan dapat terjaga bahkan meningkat sebagai bagian dari penyaluran hak demokrasi seluruh warga pada Pilkada Desember mendatang.

Sehingga pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia, menjadi perhatian serius dalam mendorong partisipasi aktif seluruh pemangku kepentingan.

Dirinya pun kemudian mengajak seluruh pemangku wilayah, pelaksana Pemilu, personil keamanan, partai politik dan tokoh masyarakat untuk menunjukkan situasi guyub, aman, tentram sehingga masyarakat nyaman dalam memilih.

Sementara itu, Kapolrestabes Kota Semarang, Kombes Auliansyah Lubis, menyampaikan pihaknya bersama jajaran TNI, Kodim dan seluruh personil pengamanan siap mengerahkan seluruh SDM, kemampuan serta berkoordinasi sebaik mungkin guna mengawal, menjaga dan menciptakan kondusifitas guna suksesnya Pilkada 9 Desember mendatang.( RZ/WK )***


No comments:

Post a Comment