INDENPRES MEDIA ISTANA

Thursday 13 August 2020

Investor Obligasi MNC Mau Tukar Utang Rp 3 T Jadi Saham. Ada Apa ?

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemegang obligasi PT MNC Investama Tbk (BHIT) telah menyetujui rencana restrukturisasi utang global bond senilai US$ 231 juta atau setara dengan Rp 3,37 triliun (kurs Rp 14.600/US$).

Skema restrukturisasi tersebut adalah dengan mengkonversi obligasi menjadi saham atau ekuitas MNC Investama.

Dalam pengumuman yang disampaikan Direktur Utama MNC Investama, Darma Putra, mayoritas pemegang obligasi yang mewakili 65% dari total outstanding obligasi US$ 231 juta, telah memberikan indikasi positif proposal perseroan untuk mengkonversi obligasi menjadi saham.

"Mayoritas pemegang obligasi dengan jumlah total sekitar US$ 150 juta atau mewakili sekitar 65% dari total obligasi US$ 231 juta telah memberikan indikasi positif atas proposal perseroan untuk mengkonversi obligasi menjadi ekuitas, dengan harga konversi yang akan ditentukan di kemudian hari," kata Darma Putra, baru-baru ini.

Adapun, harga konversi akan ditentukan kemudian. Pada 30 Juni, nilai buku emiten bersandi BHIT ini mencapai Rp 192 per saham.

Perseroan menegaskan, konversi utang menjadi saham ini tidak akan menyebabkan perubahan pemegang saham pengendali perseroan.

"Perusahaan juga mengusulkan opsi lain kepada pemegang obligasi yang tersisa yang memilih untuk mengemas kembali obligasi dengan skema yang berbeda," kata Darma.

Oleh sebab itu, BHIT telah menarik moratorium di Pengadilan Tinggi Singapura yang efektif pada 7 Agustus 2020.

Adapun surat utang global yang dimaksud adalah global bond yang diterbitkan pada 11 Mei 2018 senilai US$ 231 juta. Obligasi itu ditawarkan pada 100% dari nilai nominal dengan tingkat bunga tetap 9% per tahun dan tercatat di Bursa Efek Singapura. Obligasi tersebut memiliki tenor 3 tahun dan akan jatuh tempo pada 11 Mei 2021.

Informasi obligasi ini juga terangkum dalam laporan keuangan BHIT per Juni 2020. Pada tanggal 11 Mei 2018, perusahaan sudah melakukan refinancing obligasi yang dijamin dan bersifat senior milik entitas anak dengan menerbitkan obligasi yang dijamin dan bersifat senior sebesar US$ 231 juta. (RZ/WK ) ***


No comments:

Post a Comment