INDENPRES MEDIA ISTANA

Friday 21 August 2020

Ekonomi RI Terancam Resesi, Apa Rencana Jokowi?.

Jakarta, ( INDENPERS-MEDIA )----Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk memulihkan ekonomi Indonesia yang terkena dampak pandemi covid-19 dengan mempercepat realisasi belanja negara. Salah satu yang akan dilakukan adalah program belanja di pasar yang saat ini tengah disusun.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, ada beberapa program usulan terbaru yang saat ini tengah disiapkan. Ini untuk membantu agar perekonomian di kuartal III dan tahun ini bisa tumbuh positif.

"Saya dan para Menteri membahas hal-hal terkait strategi percepatan realisasi belanja program-program strategis, supaya ekonomi Indonesia tahun ini tumbuh positif," ujarnya melalui keterangan resmi, Jumat (21/8/2020).

Adapun usulan Program yang sedang disiapkan tersebut adalah pertama, pinjaman PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) Daerah yang diatur oleh Peraturan Menteri Keuangan no. 105 tahun 2020. Kedua, Tambahan Dana Insentif Daerah (DID) untuk Program PEN.

Ketiga, program padat karya Peremajaan Sawit Rakyat (PSR), keempat, pengembangan Desa digital dan UMKM digital dan kelima, penambahan kuota alokasi Program Kartu Prakerja.

Keenam adalah program gerakan belanja di Pasar Rakyat dan terakhir program padat karya dalam pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN).

"Tidak lupa, kami juga menyiapkan sistem monitoring dan evaluasi yang rutin dan secara reguler dilaksanakan koordinasi untuk percepatan realisasi belanja ini," kata dia.

Sementara itu, sejumlah Kementerian dan Lembaga (K/L) juga mengajukan beberapa Usulan Program, yakni:

    Program Bangga Buatan Indonesia;

    Program Beli Karet untuk Aspal 2020-2021;

    Program Beli Bahan Baku Industri Kecil dan Menengah;

    Program Beli (Discount) Produk UMKM;

    Program Beli Produk Rakyat melalui Pegadaian; serta

    Program Padat Karya Penyangga Wisata. ( RZ/WK )***

No comments:

Post a Comment