INDENPRES MEDIA ISTANA

Friday 14 August 2020

Aura Krisis Selimuti Pidato Jokowi, Bamsoet, Hingga Puan.



Jakarta, ( INDENPERS--Pidato Kenegaraan jelang peringatan Hari Kemerdekaan adalah acara tahunan di Indonesia. Namun tahun ini ada yang berbeda, aura krisis dan keprihatinan tampak jelas dari para pemimpin Tanah Air.

Biasanya Pidato Kenegaraan berlangsung pada 16 Agustus, sehari sebelum peringatan Hari Kemerdekaan. Tahun ini acara itu berlangsung pada 14 Agustus, karena 16 Agustus jatuh pada hari Minggu.

Ada pula yang berbeda dengan Pidato Kenegaraan di komplek parlemen. Sejumlah undangan tidak bisa hadir secara fisik, mereka 'datang' melalui bantuan teknologi informasi.

Ya, itulah suasana yang paling berbeda. Wabah virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) membuat mereka yang hadir secara langsung ke gedung DPR/MPR tidak bisa terlalu banyak. Sebab kalau banyak-banyak, dikhawatirkan terjadi kerumunan dan membuat virus yang bermula dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Repbulik Rakyat China tersebut semakin mudah menular. Jangan sampai ada kluster baru, kluster Sidang Tahunan DPR/MPR.

Pagebluk virus corona adalah krisis kesehatan yang luar biasa. Secara global, jumlah pasien positif corona per 13 Agustus 2020 adalah 20.439.814 orang. Bertambah 276.398 orang dibandingkan hari sebelumnya.

Di Indonesia, jumlah pasien positif corona hingga kemarin adalah 132.816 orang. Bertambah 2.098 orang dibandingkan hari sebelumnya. (RZ/WK )***



No comments:

Post a Comment