INDENPRES MEDIA ISTANA

Saturday 22 August 2020

Menko Airlangga Resmikan Kerjasama dengan Pemuda Muhammadiyah.

Jakarta, ( INDENPERS-MEDIA )----Pemerintah bekerja keras memulihkan perekonomian nasional yang mengalami guncangan hebat akibat pandemi Covid-19. Salah satunya melalui stimulus penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah dan Usaha Makro, Kecil dan Menengah (UMKM), yang memperoleh apresiasi luar biasa.

Kedua instrumen permodalan ini salah satunya diberikan pemerintah untuk Pemuda Muhammadiyah. Kerjasama itu ditandai dengan peluncuran program KiosMU atau Kios Warga Muhammadiyah, baru-baru ini  di Pasar Kota Gede, Yogyakarta.

"UMKM menjadi prioritas utama dalam pemulihan ekonomi nasional," ungkap Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto saat peresmian program KiosMU atau Kios Warga Muhammadiyah serta Penyaluran KUR Syariah dan UMKM bersama Pemuda Muhammadiyah.

Ketua Pemuda Muhammadiyah, Sunanto menyambut baik kerjasama penciptaan UMKM dan keberpihakan terkait KUR kepada pemuda. Sunanto mengatakan kader-kader Pemuda Muhammadiyah siap untuk melipat-gandakan KUR sebagai bagian dari peran pemuda untuk membangun ekonomi negara.

"Kami apresiasi langkah penciptaan sosiopreneur muda, dengan memberikan kail kepada Pemuda bukan ikan sehingga diharapkan dapat menciptakan multiplier effect termasuk berkembangnya lapangan kerja di Indonesia" ujar Ketum Pemuda Muhammadiyah, Sunanto.

Selain UMKM pemerintah juga memberi insentif usaha dan tambahan kredit modal kerja. Pemuda diharapkan menjadi bagian dari percepatan ekonomi nasional dalam bagian program Pemerintah melawan pandemi Covid-19.

Selain meresmikan program KiosMU, Airlangga sebelumnya juga melakukan silaturahmi dengan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof KH. Haedar Nashir di Yogyakarta.

istFoto: Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof KH. Haedar Nashir 

Haedar Nashir juga memberikan apresiasi atas program kerjasama ini. "Saya berharap program tersebut membawa manfaat bagi umat," kata Haedar Nasir.

Kerjasama Kemenko Perekonomian dengan Pemuda Muhammadiyah ini terdiri dari beberapa program. Selain Kios WargaMU, ada pula Pembiayaan KUR dan KUR Syariah Kios. Pada kesempatan tersebut dilakukan pula penyerahan CSR (Corporate Social Responsibility) kepada Pemuda Muhammadiyah.

Peresmian dilakukan secara live dari enam lokasi untuk menghindari keramaian dalam situasi pandemi. Acara ini juga diikuti secara langsung lewat zoom meeting oleh Pemuda Muhammadiyah di berbagai daerah. ( RZ.WK )****

No comments:

Post a Comment