INDENPRES MEDIA ISTANA

Monday 17 August 2020

Jokowi Pakai Baju Adat NTT, Ma'ruf Amin Pilih Busana Melayu.

Jakarta, ( INDENPERS-MEDIA )-----Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT) saat menghadiri upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-75, di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/8/2020).

Berdasarkan pantauan INDENPERS-MEDIA  melalui video live streaming yang disiarkan langsung Sekretariat Presiden, Senin (17/8/2020), Jokowi yang didampingi Ibu Negara iriana Jokowi keluar dari Istana Merdeka untuk menuju arena upacara pukul 09.55 WIB.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama Ibu Wury Ma'ruf Amin mengenakan pakaian adat Melayu Indonesia bercorak warna gelap, Wapres tampak serasi berdampingan dengan Ibu Hj. Wury yang mengenakan baju kurung modern dan Songket Tabur.

Upacara Detik-Detik Proklamasi yang diselenggarakan secara sederhana dan terbatas di tengah pandemi itu berlangsung khidmat hingga pukul 10.35 WIB. Upacara dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi selaku Inspektur Upacara.

Sebelum menghadiri Upacara Detik-Detik Proklamasi, pada malam harinya pukul 00.00 Wapres menghadiri acara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Sore nanti, Wapres juga terjadwal menghadiri Upacara Penurunan Sang Saka Merah Putih di halaman Istana Merdeka, berdasarkan keterangan resmi Sekretariat Wakil Presiden.

Khusus baju adat Timor Tengah Selatan yang dikenakan Jokowi bermotif merah putih dipadu dengan ikat kepala dengan warna merah pekat.

Mengutip keterangan resmi Sekretariat Presiden, kain yang digunakan Jokowi bermotif Kaif berantai nunkolo. Motif sudah dimodifikasi dari bentuk belah ketupat (motif geometris) dengan batang tengah yang berarti sumber air dan bagian pinggir bergerigi melambangkan wilayah yang berbukit dan berkelok-kelok.

"Warna merah melambangkan keberanian laki-laki nunkolo. Aksesoris selain menambah indah kain tenun ada makna kegunaan praktis," tulis keterangan resmi.

Pada Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)/Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Senayan, Jakarta, Jumat 14 Agustus pekan lalu, Jokowi juga hadir mengenakan Kain tenun Khas Sabu Raijua Khas NTT. ( RZ/WK )***


No comments:

Post a Comment