INDENPRES MEDIA ISTANA

Thursday 16 July 2020

Kabar Terbaru dari Sri Mulyani Soal Gaji ke-13 PNS. Kapan Realisasinya ?

Jakarta, ( INDENPERS-MEDIA )-----Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati akhirnya angkat bicara mengenai pencairan gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sayangnya, pencairan gaji ke-13 masih belum dipastikan.

Padahal, tahun-tahun sebelumnya pencairan gaji ke-13 selalu dilakukan pada bulan Juli atau saat memasuki tahun ajaran baru. Untuk tahun ini tahun ajaran baru dimulai sejak 13 Juli 2020 kemarin.

"Sabar. Nanti saja ya," ujar Sri Mulyani di Gedung DPR RI, baru-baru ini.

Sementara itu, Direktur Jenderal Anggaran Askolani menjelaskan, hingga saat ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) belum melakukan pembahasan gaji ke-13. Sebab, saat ini pemerintah masih fokus dalam penanganan dampak pandemi Covid-19.

"Nanti dulu. Kita fokus tangani Covid-19 dulu," jelas Askolani.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 membuat pemerintah harus melakukan penghematan anggaran untuk membantu masyarakat yang terdampak. Salah satunya yang dilakukan pemerintah adalah merealokasi anggaran semua Kementerian/Lembaga (K/L).

Dengan penghematan ini, maka penghasilan PNS pun terdampak. Mulai dari tidak ada kenaikan gaji, uang Tunjangan Hari Raya (THR) yang tidak full hingga tidak adanya uang perjalanan dinas.

Yang terbaru, Sri Mulyani menjelaskan PNS tidak mendapatkan uang lembur saat penerapan kerja dari rumah (Work From Home/WFH).

Sedangkan, gaji ke-13 juga belum jelas. Apakah akan tetap diberikan tahun ini atau tidak untuk menghemat anggaran. So, untuk seluruh PNS harap bersabar ya. Kapan sih Realisasinya ?
( RZ/ WK )***

No comments:

Post a Comment