INDENPRES MEDIA ISTANA

Sunday 19 July 2020

Cerita Sri Mulyani & Perempuan Pejuang Ekonomi.

Jakarta, ( INDENPERS-MEDIA )------Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyapa netizen melalui akun media sosialnya. Dia mengajak para pejuang ekonomi untuk tetap semangat di tengah pandemi Covid-19.

"Menyambut matahari pagi di hari Minggu ini, apa kabar Kamu yang memiliki usaha dalam skala sangat kecil atau ultra mikro?" tulis Sri Mulyani di akun instagramnya.

Dia menjelaskan, pemerintah senantiasa berusaha hadir mendampingi, salah satunya melalui pembiayaan ultra mikro (UMi). Dikatakan bahwa pembiayaan UMi ini berbeda dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Jika KUR menyasar usaha mikro dan kecil dengan fasilitas pembiayaan s.d. Rp25 juta (mikro), Rp25 juta s.d. Rp 500 juta (ritel), maka UMi menyasar usaha mikro yang berada di lapisan terbawah. Karena usaha mikro di lapisan terbawah belum bisa difasilitasi perbankan melalui KUR (tidak bankable), maka fasilitas pembiayaan UMi dapat membantu, yaitu pembiayaan maksimal Rp10 juta per nasabah," katanya.

Sejak diluncurkan pada pertengahan 2017 hingga bulan Juli 2020, pembiayaan UMi telah membantu sebanyak 2.257.021 debitur yang tersebar di seluruh Indonesia. Menariknya, mayoritas debitur adalah perempuan atau sekitar 93%.

"Ini berarti banyak perempuan yang turut menopang aktivitas ekonomi skala usaha ultra mikro. Jumlah mereka yang memanfaatkan pun terlihat bertumbuh positif selama empat tahun berturut-turut," urainya.

"Di dalam masa pandemi Covid-19, pelaku ultra mikro ini juga termasuk yang akan mendapatkan relaksasi berupa penundaan pembayaran cicilan pokok selama 6 bulan dan subsidi bunga kredit," lanjutnya. (RZ/WK )***

No comments:

Post a Comment