INDENPRES MEDIA ISTANA

Friday 10 July 2020

Duet Jokowi-Prabowo Ternyata Ingin Perangi Krisis Pangan.

Kalimantan Tengah.( INDENPERS-MEDIA )------Presiden Joko Widodo meninjau lokasi pengembangan food estate atau lumbung pangan nasional di Kalimantan Tengah, Kamis, baru- baru ini. Ia didampingi oleh Menhan Prabowo Subianto, yang diberikan tugas memimpin pelaksanaan food estate.

Ada dua titik yang dikunjungi Jokowi, yaitu Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau.  Dalam keterangan pers di Pulang Pisau, Jokowi mengatakan pengembangan food estate sudah mulai dikerjakan dalam dua pekan ini, terutama untuk urusan irigasi.



"Tahun ini Insya Allah akan kita selesaikan kurang lebih 30.000 hektare terlebih dahulu. Kemudian berikutnya akan dalam satu setengah tahun sampai maksimal dua tahun akan ditambah lagi 148.000 hektare. Baik itu di Kabupaten Pulang Pisau maupun di Kabupaten Kapuas," ujarnya.

Menurut dia, food estate disiapkan sejalan dengan prediksi Organisasi Pangan Dunia (FAO). FAO memperingatkan krisis pangan akan melanda dunia karena pandemi Covid-19. Faktor lain adalah musim yang tidak bisa diatur dan diprediksi.

"Oleh sebab itu, kita menyiapkan sekarang ini yang namanya cadangan logistik nasional yang nantinya kurang lebih akan dikelola oleh sebuah badan, dan badan ini nanti SPV-nya bisa bekerja sama, baik dengan pola investasi baik nanti dikerjakan BUMN atau dengan skema yang lainnya," kata Jokowi. (RZ/WK )***

No comments:

Post a Comment