INDENPRES MEDIA ISTANA

Tuesday 21 July 2020

Gaji ke-13 Tahun 2020 Masih 'Abu-Abu'. Kapan Cair.

Jakarta, ( INDENPERS-MEDIA)----Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih harus bersabar untuk mendapatkan gaji ke-13. Padahal biasanya gaji ke 13 dicairkan pada bulan Juli atau saat ajaran baru sekolah dimulai.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, saat ini pemerintah belum menentukan kapan pemberian gaji ke 13. Sebab, pemerintah saat ini fokus dalam penanganan Covid-19.

"Untuk keseluruhan termasuk gaji ke 13, kita lihat keseluruhan cara kita untuk mengeksekusi," ujarnya, baru-baru ini.

Menurutnya, saat ini Kementerian Keuangan masih melihat prioritas penggunaan anggaran. Evaluasi terus dilakukan sehingga nanti akan dilihat kembali urgency dari pemberian gaji ke-13.

"Jadi dalam hal ini kita akan terus melakukan seluruh evaluasi, bagaimana menggunakan anggaran negara semaksimal mungkin. Jadi nanti kita lihat gaji ke 13," jelasnya.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 membuat pemerintah harus melakukan penghematan anggaran untuk membantu masyarakat yang terdampak. Salah satunya yang dilakukan pemerintah adalah merealokasi anggaran semua Kementerian/Lembaga (K/L).

Dengan penghematan ini, maka penghasilan PNS pun terdampak. Mulai dari tidak ada kenaikan gaji, uang Tunjangan Hari Raya (THR) yang tidak full hingga tidak adanya uang perjalanan dinas.

Yang terbaru, Sri Mulyani menjelaskan PNS tidak mendapatkan uang lembur saat penerapan kerja dari rumah (Work From Home/WFH).

Sedangkan, gaji ke-13 juga belum jelas. Apakah akan tetap diberikan tahun ini atau tidak untuk menghemat anggaran. So, untuk seluruh PNS harap bersabar ya. Kapan Cairnya. ( RZ/WK )**

No comments:

Post a Comment