INDENPRES MEDIA ISTANA

Wednesday 23 September 2020

Pidato Perdana Jokowi di Sidang PBB: Vaksin Jadi Game Changer.

Foto: Pidato Perdana Presiden Joko Widodo di Sidang PBB.

Jakarta, ( INDENPERS-MEDIA )------Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato pada sesi debat umum Sidang Majelis Umum ke 75 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Ini adalah pidato pertama Jokowi di sidang PBB, selama menjabat sebagai kepala negara.

Dalam pidato yang disiarkan melalui Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (23/9/2020), Jokowi menegaskan bahwa keberadaan vaksin akan membawa perubahan di tengah perang dunia melawan pandemi corona (Covid-19).

"Vaksin akan menjadi game changer dalam perang melawan pandemi," kata Jokowi.

Pidato Perdana Presiden Joko Widodo di Sidang PBB (Dok. Kementerian Luar Negri)Foto: Pidato Perdana Presiden Joko Widodo di Sidang PBB (Dok. Kementerian Luar Negri)

Pidato Perdana Presiden Joko Widodo di Sidang PBB (Dok. Kementerian Luar Negri)

Jokowi menegaskan semua negara perlu bekerja sama dalam rangka memastikan semuanya mendapatkan akses setara terhadap vaksin yang aman dan dengan harga terjangkau.

"Untuk jangka panjang tata kelola ketahanan kesehatan dunia harus lebih diperkuat. Ketahanan kesehatan dunia yang berbasis pada ketahanan kesehatan nasional akan menjadi penentu masa depan dunia," katanya.

Jokowi menilai, reaktivasi ekonomi juga perlu dilakukan secara bertahap, dengan melakukan koreksi terhadap kelemahan-kelemahan global supply chain yang ada saat ini, dengan tetpa memprioritaskan kesehatan masyarakat.

"Dunia yang sehat dunia yang produktif harus menjadi prioritas kita.

Semua itu dapat tercapai jika semua bekerja sama bekerja sama dan bekerja sama. Mari kita memperkuat komitmen dan konsisten menjalankan komitmen untuk selalu bekerja sama," katanya.

Sidang umum PBB kali ini dihadiri secara virtual oleh pemimpin negara karena mewabahnya pandemi corona. Dalam sidang PBB sebelumnya, RI kerap diwakili Wakil Presiden 2014-2019 Jusuf Kalla.(RZ/WK)***



No comments:

Post a Comment