INDENPRES MEDIA ISTANA

Wednesday 9 September 2020

BPK Periksa Tata Kelola Keuangan Negara Saat Tangani Covid-19.

Foto: Presiden Joko Widodo dalam Kick Off Meeting Pemeriksaan atas Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara dalam Pandemi Covid-19 di Istana Negara.


Jakarta, ( INDENPERS-MEDIA )-----Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung langkah Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dalam memeriksa keuangan di tengah pandemi. Hal ini disampaikan di sela acara Kick Off Meeting Pemeriksaan atas Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara dalam Penanganan Pandemi Covid-19 di Istana Negara.

"Kami mendukung pemeriksaan ini dilakukan segera agar pemeriksaan ini mendukung pelaksanaan kegiatan untuk menemukan solusi bagi cara-cara baru yang lebih baik dalam menangani krisis," kata Jokowi di sela sambutannya, baru-baru ini.

Menurutnya, sikap ini merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta lembaga negara lainnya. Termasuk, lanjutnya Bank Indonesia, OJK, badan usaha milik negara, badan layanan umum, dan badan usaha milik daerah serta TNI dan polri, lembaga atau badan lain mendukung penuh langkah BPK ini atas pengelolaan keuangan negara dalam penanganan Covid-19 secara transparan, akuntabel dan efektif.

"Sejak awal saya telah perintahkan kepada seluruh jajaran pemerintah untuk selalu mengedepankan akuntabilitas, transparansi, dan inovasi dengan selalu mengutamakan tujuan utama dari program yang dijalankan," kata Jokowi.

Dia kembali menegaskan bahwa pihaknya menyambut baik upaya BPK ini. Dia ingin semua pihak bersama-sama menyamakan frekuensi dalam rangka sama-sama menemukan cara terbaik untuk memulihkan kesehatan masyarakat, memulihkan perekonomian dan bahkan melakukan lompatan kemajuan.

"Saya berharap setiap pemeriksa memiliki frekuensi yang sama untuk keutamaan, kepentingan masyarakat, kepentingan bangsa dan kepentingan negara," pesan Jokowi.

Sementara itu, Ketua BPK RI Agung Firman Sampurna mengaku kagum dengan dukungan Jokowi. Menurutnya, hal ini merupakan bukti bahwa presiden memiliki komitmen yang kuat dalam menjaga tata kelola keuangan negara yang transparan dan akuntabel, khususnya dalam mengatasi pandemi covid 19 dan pemulihan ekonomi nasional.

"Bahwa setelah Presiden menyampaikan sambutan, adalah pertanda dari kick off pelaksanaan pemeriksaan pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara dalam mengatasi pandemi Covid-19, yang tentunya termasuk pemeriksaan terhadap program pemulihan ekonomi nasional. Entry meeting atau taklimat awal yang menjelaskan detail pemeriksaan akan dilaksanakan," kata Agung.

Dikatakan bahwa penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional krisis merupakan wahana ujian bagi ketahanan dan kehandalan tata kelola baik. Sehubungan dengan hal itu, lanjutnya, dipandang perlu untuk membangun tata kelola untuk mengatasi dan mengurangi masalah yang kompleks secara bertahap.

"Kami tekankan bahwa kita tidak mungkin mengatasi masalah ini sendiri-sendiri. Diperlukan semangat dan kebersamaan lebih dari waktu-waktu sebelumnya. Kita perlu berkolaborasi dan bersinergi menyatukan langkah berjuang bersama menghadapi pandemi Covid-19 agar Indonesia dapat bertahan pulih dan kembali bangkit dengan tata kelola yang transparan. (RZ/WK)****

No comments:

Post a Comment