INDENPRES MEDIA ISTANA

Tuesday 22 September 2020

Menteri Agama Positif Covid-19, Istana: Terakhir Bertemu Jokowi Awal September.

Jakarta, ( INDENPERS-MEDIA )-----Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan bahwa Menteri Agama Fachrul Razi, telah lama tak menemui langsung Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Fachrul baru saja diumumkan positif Covid-19.

"Ada (hadir) awal paripurna beliau hadir. Udah dicek protokol hadir 7 September" ujar Heru 

Meski begitu, Heru memastikan saat itu, Fachrul datang dalam keadaan sehat. Para tamu negara yang akan bertemu Jokowi memang diwajibkan melaksanakan tes swab terlebih dulu. "Saat itu hasil swab (Fachrul) negatif," kata Heru.

Protokol kesehatan ketat memang telah diterapkan di sekitar Komplek Istana Kepresidenan, baik di Jakarta maupun Bogor, Jawa Barat. Jokowi hanya menghadiri beberapa upacara seremonial seperti pelantikan Duta Besar. Itu pun dilakukan dengan jumlah peserta yang sangat terbatas dan wajib jaga jarak serta menggunakan masker.

Adapun untuk rapat terbatas dengan jajaran kabinetnya, sudah sejak beberapa bulan terakhir Jokowi kembali menerapkan sistem rapat virtual. Termasuk dengan Fachrul Razi.

"Sudah lama (Fachrul) tidak ada kegiatan ke istana," kata Heru.

Meski telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Heru menegaskan Jokowi tetap menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin. Hal ini untuk memastikan ia tak terpapar Covid-19.

Termasuk tes usap yang rutin ia laksanakan. "Selalu rutin check up kesehatan," kata Heru.

Catatan koreksi: Ada perubahan judul berita dan beberapa bagian isi tulisan pada Senin 21 September 2020 pukul 11.00 karena narasumber mengoreksi pernyataannya. ( RZ/WK )***

No comments:

Post a Comment