INDENPRES MEDIA ISTANA

Monday 23 November 2020

KTT G-20 .Xi Jinping, Putin hingga Jokowi Bahas Corona, Apa Isinya?.


Jakarta, ( INDENPERS-MEDIA )-------Para pemimpin dunia menghadiri pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 yang diselenggarakan secara virtual baru-baru ini dengan tuan rumah gelaran ini yakni Arab Saudi.

KTT ini akan fokus pada perlindungan kehidupan dan pemulihan pembangunan dengan mengatasi kerentanan yang muncul selama pandemi dan dengan menetapkan pondasi untuk masa depan yang lebih baik.

Pertemuan ini digelar saat lebih dari 57 juta orang telah terinfeksi dan lebih dari 1,3 juta telah meninggal karena virus corona di seluruh dunia selama pandemi. Para pemimpin global pun berjuang untuk menghasilkan tanggapan yang terkoordinasi.

Beberapa pemimpin G-20 menyerukan distribusi yang adil dari vaksin Covid-19 dan untuk memperkuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), badan yang memimpin dalam memerangi pandemi dan mengoordinasikan cara mendistribusikan vaksin ke seluruh dunia.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mendesak kerja sama internasional dalam menyediakan vaksin untuk semua orang dan membangun sistem yang memungkinkan dosis pertama vaksin diarahkan ke negara-negara kurang berkembang.

Adapun Kanselir Jerman Angela Merkel menyerukan pendanaan yang lebih baik.

"Untuk mengalahkan pandemi, setiap negara perlu memiliki akses dan mampu membeli vaksin," kata Merkel pada acara G-20 tersebut, 

"Kami membutuhkan pendanaan yang dapat diandalkan, kerja sama yang lebih baik, kemandirian yang lebih besar."

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada para pemimpin bahwa Rusia siap untuk mendistribusikan vaksin virus korona Sputnik V ke negara lain dan sedang mengerjakan vaksin kedua dan ketiga.

Presiden China Xi Jinping mengatakan bahwa China siap untuk meningkatkan pengembangan dan distribusi vaksin global. China saat ini memiliki lima kandidat vaksin yang menjalani uji coba Fase III.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), baru-baru ini, juga menghadiri KTT G20 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Di hari pertama KTT G20 ini Presiden didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi usai KTT menyampaikan, di dalam pertemuan, Jokowi mengatakan bahwa dunia saat ini melihat dan menanti pertemuan para pemimpin negara G20 ini yang diharapkan dapat membawa dunia keluar dari krisis kesehatan dan keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Dunia menanti kepemimpinan G20 untuk keluar dari krisis kesehatan dan untuk keluar dari keterpurukan ekonomi," ujar Menlu mengutip pernyataan Presiden, dilansir Setkab.

Presiden, ujar Menlu, menyampaikan dua hal yang harus menjadi fokus G20 saat ini.

Pertama, pentingnya pendanaan bagi pemulihan kesehatan. Presiden mengatakan bahwa dunia tidak akan sehat kecuali semua negara sudah sehat dan vaksin adalah salah satu amunisinya.

"Vaksin harus dapat diakses dan tersedia bagi semua negara tanpa terkecuali. Komitmen politik negara G20 sangat diperlukan untuk memobilisasi pendanaan global bagi pemulihan kesehatan," kutip Menlu.(RZ/WK)***

No comments:

Post a Comment