INDENPRES MEDIA ISTANA

Thursday 19 November 2020

Banjir 1,6 Meter Landa Perum Delta Asri II Mijen Semarang, 150 Rumah Tergenang.

Semarang, ( INDENPERS-MEDIA )-----Hujan lebat yang melanda Kota Semarang pada Kamis (19/1/2020) sejak petang hingga malam menyebabkan banjir di sejumlah tempat. Satu di antara yang terparah yakni di RW 5 Perum Delta Asri II, Cangkiran, Mijen.

Dari pantauan di lokasi, arus banjir bersama lumpur menggenangi seluruh kawasan perumahan ini. Barang-barang di sebagian besar rumah hanyut dan berserakan.

Situasi gelap gulita lantaran listrik di kawasan ini mati. Dari penuturan Ketua RW setempat, Wahyu, sebanyak sekitar 150 rumah telah tergenang air.

“Tinggi air sempat setinggi hingga 1.6 meter. Ini diduga pertemuan dari tiga aliran sungai yang deras dan tanggul yang ada tak cukup menahan arus. Selain itu, kawasan ini termasuk cekungan karena lebih rendah dari dataran lain sehingga air lebih mudah tergenang,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya masih belum bisa mendata atau menyisir kerugian material. Namun ia tidak korban dalam kejadian ini.

Anggota Polisi, TNI, Camat, anggota BPBD bersama relawan membantu melakukan pertolongan dan penanganan.

Kapolsek Mijen AKP Ady Pratikto yang berada di lokasi mengatakan bahwa ia mengerahkan seluruh personel di Polsek Mijen untuk melakukan penanganan terutama pengamanan.

“Akan ada yang berjaga sampai pagi minimal Bhabinkamtibmas agar situasi tetap kondusif. Kami juga berupaya mengantisipasi tindakan kriminal. Karena situasi seperti ini, kami imbau warga untuk bisa menjaga diri beserta barang masing-masing, kenali orang asing yang tiba-tiba bisa masuk. Harapannya tidak ada kejadian pencurian barang milik warga yang berharga,” tegasnya.

Saat ini pukul 22.07 WIB, anggota Polisi, TNI beserta anggota BPBD Kota Semarang masih menyisir lokasi dan mencari tahu tanggul yang jebol dan rumah-rumah warga yang terdampak banjir.(RZ/WK)**


No comments:

Post a Comment