INDENPRES MEDIA ISTANA

Tuesday 10 November 2020

8 Bulan Perangi Covid-19, Jokowi Singgung Jamu Tradisional.

Jakarta, ( INDENPERS-MEDIA )----Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sudah 8 bulan Indonesia menghadapi tantangan pandemi Covid-19, sejak diumumkan kasus pertama pada Maret 2020.

Berbicara melalui unggahan Instagram resmi kepala negara, Jokowi merasa beruntung bangsa Indonesia telah diwariskan sikap optimistis dan pantang menyerah oleh para nenek moyang.

"Delapan bulan sudah kita menghadapi pandemi Covid-19 ini. Dan kita beruntung mewarisi sikap optimistis dan pantang menyerah, bangsa kita terbentuk dari tantangan alam dan kondisi geografis Nusantara," ujar Jokowi, Selasa (10/11/2020).

Jokowi mengatakan, selama berabad-abad nenek moyang bangsa Indonesia telah berusaha bersahabat dengan semua tantangan tersebut dan menjaga harmoni dengan alam lingkungan, membangun kebudayaan serta nilai keutamaan di atasnya.

"Saat pandemi datang, lanjut dia, memori budaya masyarakat tangguh bencana kembali hidup," katanya.

"Sembari terus memupuk solidaritas, gotong royong, dan mendukung langkah-langkah pemerintah dalam mengatasi pandemi, masyarakat kembali berupaya menghidupkan kearifan lokal seperti mengangkat lagi jamu-jamu tradisional untuk meningkatkan imunitas tubuh, dan sebagainya," lanjutnya.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu kemudian mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. "Mari terus menggali kearifan lokal untuk memperkuat kemampuan kita dalam menghadapi bencana," jelasnya.( RZ/WK )***

No comments:

Post a Comment