INDENPRES MEDIA ISTANA

Sunday 30 September 2012

PT KAI Meluncurkan KA Ekonomi AC.

Semarang- Jawa Tengah.
         PT Kereta Api Daop IV Semarang kembali meluncurkan rangkaian kereta api ekonomi AC yang diberi nama Senja Menoreh baru-baru ini. Kereta api ini terdiri atas delapan gerbong yang berkapasitas 806 penumpang dengan jabwal keberangkatan pada pukul 20'00 WIB.
         Pengoperasian kereta kelas ekonomi yang melayani rute Semarang-Jakarta dan sebaliknya Jakarta- Semarang ini untuk sementara menggantikan KA Senja Utama  kelas bisnis yang sedang diperbaiki. Saat ini gerbong KA Senja Utama yang berkapasitas 514 penumpang yang diperbaiki di Depo Poncol, untuk diberi fasilitas tambahan pendingin air conditioner ( AC ).
         Hal itu dikatakan oleh Vice President PT KAI Daop IV Semarang Arief Wahyudi. Dikatakan pula oleh Arief bahwa pada tahun 2013, PT KAI menargetkan seluruh kereta baikjarak dekat dan jauh akan memiliki fasilitas AC. Dan menargetkan, akhir Desember 2012 perbaikan telah selesai. Awal 2013 kereta api kelas bisnis akan mulai beroperasi dengan fasilitas AC.
           Saat ini diwilayah Daop IV Semarang, masih ada lima kereta api yang belum ber AC, yakni Tawang Jaya, Fajar Utama, Senja Utama, Tegal Arum, dan Tegal Ekspres. Menurut Arif bahwa rencananya, kereta api ekonomi AC ini nantinya akan menggantikan KA Tawang Mas kelas ekonomi jurusan Semarang-Jakarta. Harga tiket tetap sama sebesar rp 33.500,-
          Dengan menggunakan fasilitas AC, PT KAI berharap penumpang dapat mematuhi peraturan tidak merokok di atas kereta api selama perjalanan, yang telah diterapkan. Penumpang yang ketahuan merokok selama perjalanan, akan diperingatkan oleh petugas. Namun bila tetap membandel penumpang akan diturunkan.
          Menurut Arief, harga tiket KA Senja Menoreh berkisar antara Rp 120 ribu sampai Rp 155 ribu. Selama ini tingkat okupansi kelas kereta bisnis ini mencapai 80 %. Pada hari Sabtu dan Minggu tingkat okupansi mencapai 100 %. Untuk KA Fajar Utama, masih tetap menggunakan gerbong lama yang belum ber-AC. Penggantian sementara masih pada Senja Utama. ( Andu ).

No comments:

Post a Comment