INDENPRES MEDIA ISTANA

Monday 20 April 2020

Perangi Corona, Ini Sederet Instruksi Jokowi untuk Pemda.


Jakarta.-----Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan instruksi kepada seluruh pemerintah daerah dalam perang melawan virus corona (COVID-19). Hal tersebut terungkap dalam video Pidato Jokowi dari Setpres, belum lama ini.

Dalam instruksi tersebut, Jokowi meminta agar seluruh Pemda untuk meningkatkan sampel tes secara masif dan melakukan pelacakan yang agresif serta diikuti isolasi yang ketat.

"Segera dan terus siagakan satuan gugus tugas di tingkat kecamatan, kelurahan, RT, RW, sesuai dengan kewenangannya," ujar Jokowi.

Selanjutnya, dia juga meminta Pemda untuk membantu warga yang bergejala terinfeksi virus corona dan juga bila ada yang membutuhkan uluran tangan.

"Ini semua bertujuan agar penanganannya terpadu dan terkoordinasi dan tidak ada yang terabaikan. Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian. Tidak bisa. Peran serta seluruh lapisan masyarakat sangatlah penting," ujar Jokowi

Semua ini bukan hal yang mudah untuk kita semua. tetapi saya amat percaya jika kita mampu melalui kesulitan ini bersama, kita justru akan menjadi bangsa yang semakin kuat dan siap menyongsong masa depan yang lebih sejahtera," tambah Jokowi.

Jokowi mengingatkan bahwa belum ada satu pun obat yang ampuh melawan virus corona (COVID-19). Presiden mengingatkan COVID-19 hanya bisa dicegah melalui kedisiplinan.

"Saat ini obat ampuh untuk melawan virus corona belum ada, tapi penyebaran corona dapat dicegah dengan kedisiplinan yang kuat dari kita sendiri. Ya, disiplin diri. Mulai dari disiplin menggunakan masker, disiplin menjaga jarak, disiplin hindari kerumunan, dan ini harus dilakukan secara bersama-dan terus menerus tidak boleh terputus," ujar Jokowi. ( RZ/WK )**
 

No comments:

Post a Comment