INDENPRES MEDIA ISTANA

Friday 2 November 2012

Rukma Resmi Gantikan Murdoko.

Semarang-Jawa Tengah.
         Setelah tertunda beberapa kali, Rukma Setiabudi akhirnya resmi memimpin DPRD Jawa Tengah setelah dikukuhkan sebagai pelaksana tugas ( Plt ) Ketua DPRD di Gedung Berlian Provinsi Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Semarang, belum lama ini. Rukma dikukuhkan dalam sidang paripurna DPRD Jawa Tengah pada masa persidangan ketiga, bersamaan dengan penyampaian rancangan peraturan daerah.
            Sementara, Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, Abdul Fikri Faqih, menjelaskan, Rukma menggantikan Ketua DPRD sebelumnya, Murdoko. Resmi dilantik, Rukma memiliki kewenangan yang sama dengan ketua terdahulu.
             Fikri juga menjelaskan, pengukuhan Rukma menjadi Plt Ketua Dewan, hanya berupa pengumuman di depan sidang paripurna. Tidak ada pelantikan sebagaimana pengukuhan Ketua Dewan devinitif.
             Ketua Fraksi PDIP DPRD Jawa Tengah, Nuniek Sriyuningsih mengatakan, surat dari DPP ichwal penunjukan pengganti Murdoko telah diterima DPD PDIP Jateng Kamis pekan lalu. Surat itu sudah diserahkan ke Pimpinan Dewan, sebagai syarat pengajuan pengganti ketua sebelumnya.
             Dengan kepastian diangkatnya Rukma sebagai Pimpinan Dewan, kata Nuniek, pihaknya merasa lega. Pasalnya, beberapa agenda penting di Dewan dapat dipimpin kader PDIP. Sebagai partainya  " Wong Cilik ", PDIP memiliki agenda dan program penting yang harus masuk dalam pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ( RAPBD ) Jawa Tengah 2013.
             Sebelumnya, pengukuhan Rukma sempat tertunda beberapa kali. Ketertundaan itu disebabkan kurangnya persyaratan administratif. Baik surat pemberhentian sementara dari Mendagri terhadap Murdoko, hingga surat rekomendasi dari DPP PDIP, atas pengganti Murdoko. Surat rekomendasi dari DPP sendiri telah turun pada Kamis pekan lalu.  Ketua DPRD menjadi hak PDIP, sebagai pemilik kursi terbanyak di DPRD Jawa Tengah.
             Sementara itu, dalam rapat pimpinan gabungan ( Rapimgab ), baru-baru ini , para pimpinan Dewan sepakat mendorong keaktifan anggauta Dewan yang selama ini tidak rajin. Sorotan dari berbagai pihak atas ketidak-aktifan sejumlah anggauta Dewan menjadi keprihatinan pimpinan dan menjadikan persoalan serius.
              Senada, Wakil Ketua Badan Kehormatan ( BK ) DPRD Jateng, Wahyudin Noor Aly, atau akrab disapa Goyut menyatakan, tingkat keaktifan anggauta Dewan saat ini terus menurun.( Andu ).

No comments:

Post a Comment