INDENPRES MEDIA ISTANA

Friday 2 November 2012

Pilgub Watch Dideklarasikan.

Semarang- Jawa Tengah.
         Guna berperan serta dalam pengawasan tahapan pemilihan gubenur ( Pilgub ) Jateng 2013 mendatang, sekelompok akademisi dan pegiat lembaga swadaya masyarakat ( LSM )membentuk Pilgub Watch. Pembentukan dan pendeklarasiannya sendiri dilakukan di Hotel Semesta, belum lama ini.
           Lembaganya nanti hanya berusaha untuk mengawal tahapan-tahapan yang telah ditetapkan KPU Jateng. Dengan begitu, anggaran APBD Jateng yang jumlahnya cukup besar untuk pilgub tidak akan sia-sia.
            Hal itu diungkapkan oleh Ketua Pilgub Watch Haryo Wahyudi. Dijelaskan pula oleh Haryo Wahyudi banyak berhubungan  dengan penyelenggara terutama Bawaslu sebagai mitra pengawasan.
            Seperti diketahui, saat pendeklarasian Pilgub Watch, dihadiri KPU Jateng dan KPU Kota Semarang, serta perwakilan instansi pemerintah. Deklarasi itu sendiri ditandai dengan penandatanganan komitmen untuk mengawal Pilgub Jateng agar lebih berkualitas oleh perwakilan masing-masing lembaga.
            Sementara, Pengamat Politik Undip Semarang Budi Setiyono mengatakan, sangat apresiatif dengan adanya Pilgub Watch tersebut. Menurut Budi lembaga tersebut merupakan lembaga independen yang tidak berafiliasi dengan partai.
            Pilgub Watch itu belum mengantongi legalitas. Meski tidak memiliki kekuatan legal, namun aksi yang dilakukan diharapkan memiliki kekuatan moral untuk mempengaruhi kebijakan penyelenggara Pilgub. Setiap tahapan akan evaluasi, selanjutnya akan berikan lembaga direncanakan.
               Seusai acara deklarasi, dilanjutkan dengan bedah buku Korupsi Politik yang ditulis oleh Peneliti Indonesian Corruption Watch Apung Widadi. Dalam bedah buku itu, Apung Widadi menilai Pilgub Jateng mempunyai posisi strategis layaknya Pilgub DKI dalam peta politik Pemilu 2014. ( Andu )

No comments:

Post a Comment