INDENPRES MEDIA ISTANA

Sunday 10 May 2020

13 Dokter & Perawat RS Mardi Rahayu Kudus Positif Corona, Ganjar Minta Tes PCR Mereka Jadi Prioritas.


Semarang. Jateng.-------13 tenaga kesehatan di Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus dinyatakan positif virus corona Covid-19 setelah pemeriksaan via PCR.
Pihak rumah sakit pun telah melakukan tracing dan pemeriksaan via rapid test terhadap tenaga medis yang lain.
Untuk yang hasil pemeriksaan rapid test reaktif, dilakukan pemeriksaan lanjutan via PCR.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melalui keterangan tertulis meminta laboratorium di Jawa Tengah memprioritaskan tes PCR terhadap para tenaga medis tersebut.
Hal ini penting agar hasilnya segera didapat dan dilakukan penanganan intensif terhadap benteng terakhir penanganan wabah ini.
"Kemarin kami bantu rapid tes dan beberapa sudah masuk PCR test.
Tapi karena spesimen swab untuk diuji PCR di beberapa laboratorium banyak, itu belum sempat diterima di beberapa laboratorium.
Sudah kami rapatkan dan kami minta diprioritaskan.
Sekarang sudah berproses," katanya, belum lama ini.

Pihaknya juga sudah komunikasi dengan pimpinan rumah sakit untuk melakukan tindakan protokol kesehatan yang lebih ketat.
Tracing terhadap tenaga kesehatan yang dinyatakan positif juga harus diperketat agar diketahui mereka sudah berhubungan dengan siapa saja.
"Kami berharap, mudah-mudahan di Kudus ini bisa segera terdeteksi positif atau negatifnya, sehingga penanganannya bisa lebih pas," tandasnya.
Disinggung terkait isolasi tenaga medis tersebut, Ganjar mengatakan akan menyediakan tempat khusus seperti yang dilakukan terhadap tenaga medis yang terpapar Covid-19 di RSUP Kariadi Semarang beberapa waktu lalu.
"Kemarin sudah ada yang komunikasi ke kita untuk meminta beberapa tempat, ada dokter dari luar Kariadi juga sudah menempati fasilitas di hotel kami Kesambi Hijau. Nanti kami siapkan kalau memang perlu, kami punya tempat banyak seperti balai diklat dan tempat lain yang bisa digunakan," ujarnya.(RZ/WK )***

No comments:

Post a Comment