INDENPRES MEDIA ISTANA

Friday 27 March 2020

RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Sudah Rawat 208 Pasien.


Jakarta.----------- - RS darurat penanganan Covid-19 di Wisma Atlet, Kemayoran, sudah menangani 208 pasien baru-baru ini. Demikian disampaikan Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Eko Margiyono dalam keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta, baru-baru ini.

Eko menjelaskan, RS ini resmi dibuka pada Senin (23/3/2020) tepatnya pukul 17.30 WIB. Menurut dia, hingga Selasa (24/3/2020) pagi, sudah ada 74 pasien. Jumlahnya terus bertambah di mana pada Rabu (25/3/2020) pagi ada 178 pasien.

Eko menjelaskan, tata cara berobat di RS darurat berbeda dengan RS pada umumnya.

"Bisa datang langsung, turun di lobi RS seperti pada kunjungan ke RS pada umumnya, selanjutnya akan diperiksa dan ditentukan langkah selanjutnya. Namun, bisa juga menghubungi call center 119. Nanti dari petugas akan dijemput dan diantar," katanya.

RS ini memiliki kapasitas 3 ribu tempat tidur yang berada di tower 2 dan tower 7. Manakala ada kejadian terburuk, maka tower 4 dan 5 akan dimanfaatkan juga sebagai RS. Menurut Eko, RS darurat ini berbeda dengan RS pada umumnya.

"Karena RS ini menerapkan sistem pelayanan visit video call, self quarantine, ketiga limitasi kontak dengan petugas. Keempat, apabila makin berat dirujuk ke RS rujukan," ujarnya.

Adapun kriteria yang akan dirawat di RS ini antara lain Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang usianya lebih dari 60 tahun. Selanjutnya adalah Pasien Dalam Pantauan (PDP) dengan keluhan ringan sampai sedang yang usianya lebih dari 15 tahun. Kemudian pasien yang positif virus corona dengan gejala sesak ringan hingga sedang.

"Untuk anak-anak kita tak menerima, usia pasien yang diterima 15 tahun ke atas," katanya. "Termasuk ada pasien gejala ringan tapi ada penyakit bawaan atau komplikasi lain akan kita rujuk. Karena RS ini memang tidak didesain untuk menangani penyakit lainnya," imbuh Eko. ( RZ/ WK)**

No comments:

Post a Comment