INDENPRES MEDIA ISTANA

Friday 27 March 2020

Hasil Pertemuan Virtual G20, Sri Mulyani: Selamatkan Manusia! .


Jakarta.------- - Para pemimpin yang tergabung dalam forum G-20 telah mengadakan diskusi. Termasuk juga, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ikut dalam pertemuan yang dilakukan 'virtual' tersebut dari Istana Bogor.

Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pertemuan G-20 ini dilakukan menggunakan video conference. Adapun semua kepala negara G-20 fokus membahas bagaimana mengatasi masalah wabah corona atau covid-19.

"Pertemuan ini bersama memerangi pandemik covid-19. Kemudian kedua adalah mencegah terjadinya dampak negatif terhadap global dan ketiga bagaimana mengatasi masalah global supply chain terutama medical tools yang sangat dibutuhkan," kata Sri Mulyani baru-baru ini.

Menurut Sri Mulyani, adapun poin keempat adalah bagaimana memperkuat kerja sama untuk membantu negara paling miskin. Semua negara bersepakat, untuk fokus menyelamatkan seluruh umat.

"Fokus dari para leaders adalah menyelamatkan manusia, nyawa manusia. Karena ini bukan masalah kesehatan tapi tragedi kemanusiaan," paparnya.

Sementara, fokus penting lainnya adalah bagaimana bersama-sama menemukan vaksin. Akan ada kolaborasi, sambung Sri Mulyani dari WHO dan termasuk sejumlah negara.

"Pertemuan negara ini mengalokasikan US$ 4 miliar yang akan dimobilisasi seluruh negara dalam rangka akselerasi riset dan menemukan anti-virus," tegasnya. ( RZ/ WK )***

No comments:

Post a Comment