INDENPRES MEDIA ISTANA

Tuesday 24 March 2020

Polrestabes Semarang Razia Keramaian demi Cegah Penyebaran Virus Corona, Sasar Taman-taman.


Semarang. Jawa Tengah.------ Polrestabes Semarang mulai gencarkan razia dan patroli keramaian di seluruh titik ruang publik di Kota Semarang
Hal itu dilakukan untuk menindaklanjuti maklumat Kapolri Jendral Pol Idham Aziz tentang peniadaan berbagai kegiatan sosial masyarakat di tengah maraknya pandemi virus corona Covid-19.
Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Auliansyah Lubis mengungkapkan, dalam menindaklanjuti maklumat tersebut, Kapolda Jateng, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel pun mengecek kesiapsiagaan beberapa Polres. Satu di antaranya adalah Polrestabes Semarang.
"Tadi Kapolda sudah cek ke sini (Polrestabes) supaya kami menindaklanjuti maklumat Kapolri dan mencegah meluasnya virus.

Kemarin malam, kita mulai giatkan dan patroli razia keramaian," jelas Kombes Pol Auliansyah  di sela kegiatan pengecekan di Mapolrestabes Semarang, Senin (23/3/2020), kemarin.
Dia menjelaskan, dalam razia ini, pihaknya akan menyasar sejumlah titik, seperti taman-taman dan trotoar jalan raya yang biasa dipakao warga untuk berkumpul.
Selain itu, pihaknya juga turut melakukan patroli ke berbagai acara yang banyak dihadiri warga.
Dalam razia dan patroli ini, Polrestabes mengambil langkah persuasif supaya warga kembali ke rumah.

"Jadi, jika ada keramaian, petugas patroli akan mengimbau para warga yang sedang berkumpul untuk segera kembali ke rumah.
Kami akan meminimalisir sebisa mungkin aktivitas perkumpulan warga," tegas Kapolrestabes.
Dalam razia dan patroli keramaian ini, pihaknya tak luput menerjunkan juga para personel polsek di tiap Kecamatan.
Kombes Pol Auliansyah telah memerintahkan para kapolsek jajarannya untuk melakukan patroli di taman-taman dan pusat keramaian yang tersebar di tiap kecamatan.
Kapolrestabes mengaku, meski tidak ada tim khusus, namun pihaknya akan meningkatkan eskalasi razia dan patroli tiap harinya.

Hal ini dilakukan Auliansyah semata-mata untuk mencegah penularan pandemi virus corona.
"Kalau biasanya patroli per satu jam sekali. Kali ini, kita tingkatkan patroli hingga per 30 menit sekali. Kami imbau, mohon para warga untuk tidak mengabaikan maklumat ini.
Lebih baik di rumah saja. Tidak usah keluar rumah jika tidak penting-penting amat," pungkas dia. ( RZ/ WK )*****

No comments:

Post a Comment