INDENPRES MEDIA ISTANA

Friday 28 February 2020

Gegara Virus Corona, Jokowi Keluarkan 4 Ultimatum.



Jakarta.----- - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk mengambil langkah cepat untuk menggenjot perekonomian dalam negeri yang terhambat virus corona.

Jokowi setidaknya mengeluarkan empat langkah dan percepatan pemberian stimulus.

"Yang pertama saya minta seluruh instrumen disiapkan dan dipergunakan dalam rangka memperkuat daya tahan dan daya saing ekonomi kita baik instrumen moneter maupun instrumen fiskal," kata Jokowi dalam pembukaan Ratas Pembahasan Dampak virus Corona terhadap Perekonomian Indonesia di Kantor Presiden, Selasa (25/2/2020).


Jokowi memberikan apresiasi khusus atas kebijakan Bank Indonesia (BI) yang menurunkan suku bunganya.

"Dari sisi moneter saya menyambut positif keputusan BI dalam menurunkan suku bunga BI Rate-nya. Dan juga melakukan relaksasi moneter dalam rangka mendukung ekonomi nasional," tegasnya.

Kedua, Jokowi mengatakan siap memutuskan langkah-langkah kebijakan fiskal dalam mendorong ekonomi. "Baik dari sisi konsumsi, investasi dalam meningkatkan kembali sektor pariwisata terutama di Bali, Sulut dan Kepri di mana daerah itu yang banyak dikunjungi turis-turis dari Tiongkok," katanya.

Ia juga meminta pihak-pihak untuk mengadakan konferensi dalam negeri di daerah tersebut dan menyasar juga wisatawan mancanegara.

"Saya minta agar insentif dan upaya mendorong ekonomi dilakukan secara bersamaan dan saling dukung mendukung," katanya.

"Ketiga, saya ingatkan lagi agar semuanya, Kementerian/Lembaga mempercepat belanja ;

"Kemudian keempat, saya minta langkah-langkah menurunkan defisit neraca transaksi berjalan agar betul-betul dijalankan secara efektif dan di lapangan dikontrol sehingga kita tekan impor. Itu yang jadi prioritas kita," tutup Jokowi. (RZ/WK)*****

No comments:

Post a Comment