INDENPRES MEDIA ISTANA

Friday 18 December 2020

Presiden Joko Widodo saat melakukan Sidak simulasi vaksinasi Vaksin Covid-19 di Bogor, Jawa Barat.

Jakarta, ( INDENPERS-MEDIA )----Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto pada awal Desember lalu mengatakan, pemerintah menargetkan cakupan vaksinasi Covid-19 di Indonesia sebanyak 67% atau 107 juta penduduk dengan rentang usia 18-59 tahun.

Dalam pelaksanaannya kata Menkes, Pemerintah menyiapkan dua skema, yakni skema program pemerintah (gratis) dan skema mandiri (berbayar). Sementara, untuk pengadaan vaksin Covid-19 skema program pemerintah dilaksanakan oleh Kemenkes sedangkan skema mandiri dilaksanakan oleh Kementerian BUMN.

Dari target cakupan imunisasi sebanyak 107 juta penduduk itu, 75 juta penduduk untuk kelompok sasaran skema mandiri, sementara 32 juta penduduk untuk skema program pemerintah.

Namun, Presiden Jokowi dalam keterangan menyampaikan perkembangan baru terkait program vaksinasi Covid-19. Perkembangan baru ini disampaiakn Presiden setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang, dan melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara.

“Dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi, gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali,” kata Jokowi.

Untuk itu, Jokowi menginstruksikan dan memerintahkan kepada seluruh jajaran kabinet, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.


Presiden juga menginstruksikan dan memerintahkan kepada Menteri Keuangan untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis ini, sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin.

“Saya juga ingin tegaskan lagi, nanti saya yang akan menjadi penerima pertama, divaksin pertama kali,” kata Presiden, tegas. Hal ini kata Presiden, untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman.

Terkait kondisi Pandemi Covid-19 yang belum dinyatakan berakhir, Jokowi kembali mengingatkan agar masyarakat terus disiplin menjalankan 3M. “Menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan untuk kebaikan kita semuanya,” kata Jokowi berpesan.(RZ/WK )***

No comments:

Post a Comment