INDENPRES MEDIA ISTANA

Sunday 8 September 2019

Presiden Jokowi Ajak Keluarga Santap Kuliner Khas Solo.


Solo. Jawa Tengah.  - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengisi waktu libur akhir pekan, Minggu (9/6),  kemarin dengan mengajak keluarganya untuk menyantap kuliner khas Solo. Kali ini, Jokowi dan keluarga menyantap soto di kedai Soto Triwindu di kawasan Keprabon, Banjarsari, Solo.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 09.20 WIB.

"Melihat kedatangan Presiden, masyarakat sekitar dan pengunjung kedai soto langsung berebut untuk bersalaman," kata Bey dalam keterangan tertulisnya.


Sementara Ibu Negara Iriana Joko Widodo, kedua putra Presiden Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, menantu Selvi Ananda, serta cucu pertama Jan Ethes Srinarendra telah tiba terlebih dahulu di kedai soto.



Jokowi yang baru saja tiba, kata Bey, langsung bergabung dengan keluarga, duduk sederetan dengan Ibu Iriana dan Kaesang. Sementara Jan Ethes duduk di depannya, diapit kedua orang tuanya.

Bey menjelaskan, tampilan kedai soto Triwindu tergolong cukup sederhana, demikian juga dengan harga makanan yang disajikannya. Hal unik dari kedai yang berdiri sejak 1939 ini adalah deretan kursi-kursi kecil yang menghadap meja panjang.

Di bagian tengah meja panjang tersebut terdapat sebuah etalase mini di mana di dalamnya diletakkan piring-piring berisi aneka macam lauk pauk untuk menemani menyantap soto. Beberapa lauk yang dihidangkan antara lain empal, tahu, tempe, perkedel, bakwan, dan lentho.

Setelah menyantap soto, Jokowi menyempatkan berfoto bersama dengan pemilik kedai dan pengunjung lainnya. Pukul 09.50 WIB, Presiden dan keluarga meninggalkan kedai soto.

Jokowi Borong Buah-buahan

Jokowi tiba di pasar tersebut pukul 09.57 WIB. Mantan Wali Kota Solo ini datang bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, kedua putranya Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, menantu Selvi Ananda, serta cucu pertamanya Jan Ethes Srinarendra.

Kedatangan Kepala Negara menambah riuh kondisi pasar yang sedang ramai oleh pengunjung. Tak sedikit pembeli dan penjual yang menghampiri Jokowi untuk bersalaman dan berswafoto.

"Presiden kemudian berjalan masuk dan langsung menuju blok pasar yang menjual jamu, sayur, dan makanan tradisional," kata Bey.

Sementara Iriana singgah di kios yang menjual alat dapur untuk membeli beberapa perkakas tradisional, seperti ulekan dan centong nasi.

Di kios buah, Jokowi membeli salak sebanyak empat kilogram, jeruk dua kilogram, blewah, hingga kesemek. Sementara kedua putra Jokowi kompak membeli pisang.

Jokowi dan keluarga juga mengunjungi kios yang menjual es dawet. Penjual pun langsung memberikan semangkuk es dawet untuk dicoba. Iriana yang mencicipinya, langsung memutuskan untuk membeli es dawet beberapa kantong.

Usai mengunjungi kios es dawet, Jokowi dan keluarga menyambangi kios yang menjual makanan tradisional. Di kios tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini membeli beberapa penganan ringan, seperti cabuk dan rambak.

"Setelah sekitar 30 menit berkeliling pasar dan berbelanja, Presiden dan keluarga berjalan meninggalkan pasar. Dalam perjalanan pulang, Presiden kembali melayani permintaan warga untuk bersalaman dan berswafoto," jelas Bey.***

No comments:

Post a Comment