INDENPRES MEDIA ISTANA

Wednesday 24 February 2021

Jokowi: 3 dari 7 Bendungan di NTT Telah Rampung.

INDENPERS MEDIA ISTANA, NUSA TENGGARA TIMUR------Saya sudah tidak bisa menghitung seberapa sering saya berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Timur. Hal tersebut disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, yang saya ingat, pada kunjungan-kunjungan awal dulu, saya selalu menerima permintaan agar pemerintah membangun bendungan di provinsi ini.

“Dan itu betul, karena kunci kemakmuran NTT ini adalah air. Begitu ada air, semua bisa ditanam,” pungkas Jokowi.

Tidak tanggung-tanggung, sebut Jokowi, tujuh bendungan kita bangun di berbagai lokasi di NTT, tiga di antaranya telah selesai.

Hari ini, tutur Jokowi, saya datang untuk meresmikan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka. Ini bendungan ketiga setelah Bendungan Raknamo di Kupang selesai tahun 2018 dan Bendungan Rotiklot di Belu rampung tahun 2019. Empat bendungan lain sedang dalam proses pembangunan.

Bendungan Napun Gete yang dibangun sejak akhir 2016 memiliki kapasitas tampung hingga 11,22 juta meter kubik dengan luas genangan mencapai 99,78 hektare. Bendungan ini akan menjadi sumber pengairan irigasi untuk sekitar 300 hektare sawah di sekitarnya. Selain itu, Bendungan Napun Gete dapat menjadi sumber air baku dan berpotensi menghasilkan listrik.

“Saya berharap bendungan-bendungan yang dibangun di NTT ini dapat memacu produktivitas sektor pertanian dan peternakan NTT, sekaligus mengangkat NTT dari ketertinggalan,” demikian tutup Jokowi.(RZ/WK)****

No comments:

Post a Comment