INDENPRES MEDIA ISTANA

Friday 9 August 2019

Petir Ki Ageng Selo.

Semarang Jawa Tengah. Petir, kilat, atau halilintar adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan. Bebarapa saat kemudian disusul suara menggelegar yang disebut guruh. Perbedaan waktu kemunculan ini disebabkan alam adanya perbedaan antara kecepatan suara dan kecepatan cahaya. Begitu dalam literatur tentang petir.
Energi petir tersebut dapat digunakan untuk menyalahkan bola lampu 100 watt dalam waktu tiga bulan lebih. Petir yang memekakkan telinga menyilaukan, menakutka, akhirnya menjadi sebagai panerangan dunia. Dalam sekali sambaran saja energi listrik petir dapat digunakan untuk menerangi
ratusan rumah sekaligus,
Lebih dari itu, kilat petir terjadi dalam bentuk setidaknya dua sambaran. Pada sambaran pertama muatan negatif mengalir dari awan ke permukaan tanah. Perbedaan tegangan pada aliran listrik sambaran petir memiliki listrik dengan jutaan volt. Satu sambaran petir memiliki energi sebesar kira-kira 20000 Ampere.
Petir, akhirnya mengingatkan Ki Ageng Selo, tokoh spiritual sekaligus leluhur raja-raja Kesultanan Mataram, Ia dikenal sebagai tokoh penakluk petir, bledheg ( dalam bahasa jawa ). Konon, suatu ketika, saat Ki Ageng Selo sedang bertani di sawah, air hujan turun dengan derasnya disertai dengan palauetir yang menyambar-nyambar.
Dalam jagad politik, kegaduhan politik yang berpotensi pada konflik, kalau boleh diibartkan, itu bak petir, disertai berita-berita hoaks, provokasi, dan sejenisnya dari orang yang ingin memperkeruh suasana.
Sesaat kemudian petir tersebut akhirnya menyambar Ki Ageng Selo. Dengan kesaktiannya Ki Ageng Selo  dapat menangkap petir itu yang kemudian berubah menjadi seorang kakek tua. " Wahai halintar, berhentilah kamu mengganggu para penduduk ", ujar Ki Ageng. " Baiklah aku tak akan mengganggu penduduk serta anak-anak cucumu ", jawab sang petir. Oleh Ki Ageng petir tersebut diikat di pohon Gandrik. Penduduk sangat lega karena mereka tidak takut disambar petir lagi ketika berada di sawah.
Ki Ageng Selo, yang makamnya di desa Selo, Kecamatan Tawangharjo 10 km sebelah timur kota Purwadadiujuh, Kabupaten Grobogan, juga terkenal dengan nasihat utamanya, atau biasa disebut pepali( larangan ). Pepali Ki Ageng Selo, yang kemudian menjadi ikon Kabupaten Grobogan, memuat tujuh pitutur.
Menyimak pepali tersebut, kalau dijalani dengan sungguh-sungguh, rasanya, semisalnya dalam politik, kecil kemungkinan bakal terjadi kegaduhan apalagi kerusuhan yang bak petir. Kalaupun ada perbedaan  justru sebagai enerji dahsyat yang berujung jadi penerang rakyat. Makanya tokoh semacam  Ki Ageng Selo piawai menaklukan  petir.
Isi ketujuh pitutur itu yakni ojo agawe angkuh ( jangan bertindak angkuh ), ojo ladak lan ojo lali ( jangan bengis dan jahat ), ojo ati serakah ( jangan berhati serakah ), lan ojo celimut ( jangan panjang tangan ), ojo mburu aleman ( jangan mencari pujian) ojo ladak; wong ladak pan gelis mati ( jangan condong  ke kiri ).*****

No comments:

Post a Comment