INDENPRES MEDIA ISTANA

Sunday 18 August 2019

HUT RI ke 74 Simpang Lima Semarang.

SEMARANG. Jawa Tengah.  - Upacara peringatan HUT ke 74 Republik Indonesia digelar di Lapangan Pancasila, Simpanglima, Kota Semarang Jawa Tengah, Sabtu (17/8/2019) kemarin pagi.
Dalam upacara tersebut, dilaksanakan pengibaran bendera merah putih, pembacaan dan detik-detik proklamasi, pembacaan Undang-Undang Dasar 45, amanat dari inspektur upacara dan doa.

Detik-detik dan pembacaan proklamasi dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB.
Meskipun cuaca tampak panas, seluruh peserta tampak khidmat mengikuti upacara tersebut.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bertindak sebagai inspektur upacara.
Dalam sambutannya ia mengajak seluruh masyarakat Indonesia khususnya Jawa Tengah untuk tidak lagi membeda-bedakan suku bangsa dan agama di era kemerdekaan ini.
"Seperti ungkapannya Gus Dur, orang tak akan bertanya apa agamamu, apa sukumu ketika berbuat baik. Dalam masa perjuangan setelah kemerdekaan ini sudah semestinya kita tidak membedakan suku, agama atau pun ras.
Tak peduli warna kulit, rambut, jenis kelamin, kaya atau pun miskin. Semua sama di mata negara. Founding fathers bangsa ini telah memberi contoh lewat laku, bukan sekadar gembar gembor persatuan. Mereka berdarah-darah menegakkan kemerdekaan," ucap Ganjar.
Ia menambahkan bahwa banyak dari pahlawan yang telah gugur membela negara berasala dari berbagai etnis suku dan agama.****

No comments:

Post a Comment