INDENPRES MEDIA ISTANA

Monday 27 February 2012

Proyek Flyover Terhambat Dikarenakan Adanya Utilitas.


Semarang.
Hingga saat ini progres report proyek flyover Kalibanteng Semarang telah mencapai 40 persen. Namun di lapangan masih ditemukan adanya kendala yakni pemindahaan sejumlah utilitas di sekitar bundaran Kalibanteng yang belum berjalan sesuai rencananya. Sejumlah utilitas yang mengganggu antara lain jaringan listrik PLN, telepon, ja...lur pipa PDAM dan jaringan fiber optic atau FO.
Tiang dan kabel listrik PLN, telepon, hingga saat ini masih ada di ruas Jalan Siliwangi. Kondisi tersebut membuat Adhi Karya tidak bisa melakukan pelebaran jalan. Pelebaran jalan ini untuk menyesuaikan lebar jalan jalur layang. Sementara masih adanya pipa PDAM membuat proses pemasangan tiang pancang tak bisa dilakukan.
Hal itu dijelaskan oleh site engineering PT Adhi Karya, kontraktor pelaksana proyek flyover Kalibanteng bernama Papra Dipranata. Dijelaskan pula oleh Papra bahwa, Adhi Karya telah meminta instansi terkait untuk segera memindahkan utilitas-utilitas tersebut. Namun hingga sekarang belum ada respon dari PLN, Telkom dan PDAM.
" Kalau PLN tersebut masih menunggu keputusan wilayah. Ini terkait dengan kebijakan pemadaman listrik dan itu hanya bisa dilakukan di hari tertentu, misalnya hari Minggu saat libur. Dan posisi pipa ini berada persis di titik bor pile ", ungkap Papra.
Sementara Ketua Komisi C DPRD Zulkarnaini lebih menyoroti kesemrawutan arus lalu lintas sebagai imbas pekerjaan fly over. " Itu kan terjadi penyempitan jalur. Harusnya kontraktor berkoordinasi dengan kepolisian untuk penanganan masalah ini. Sebab di jam sibuk, pagi dan sore, macetnya panjang sekali ", ujarnya.
Selain itu sekretaris Komisi C DPRD Kadarlusman mengatakan, meminta instansi yang bertanggungjawab dengan keberadaan utilitas segera memindahkan ke titik yang telah ditentukan kontraktor.
" Ini kalau tidak segera ditindaklanjuti bisa membuat pekerjaan berlarut-larut", kata Kadarlusman.
Konsultan proyek PT Virama Karya, mengakui belum meminta bantuan polisi untuk mengatasi kemacetan jalan Kalibanteng. " Itu nanti menjadi bahan masukan kami dan akan kami koordinasikan internal dulu dengan kontraktornya ", kata Totok Adhyanto, perwakilan PT Virama Karya selaku konsultan pengawas proyek.
Sedangkan Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Dwi Tunggal Jaladri mengatakan bahwa hingga saat ini tidak ada permintaan khusus dari kontraktor ataupun konsultan fly over untuk menangani kesemrawutan lalu lintas. Dan selama ini belum ada koordinasi. (Andu Nicolas ).

1 comment:

  1. Kepada Yth,
    Pimpinan/Manager Proyek
    Perusahaan Jasa Konstruksi /Jasa Non Konstruksi

    Dengan Hormat,
    Bersama ini kami mengajukan penawaran kerjasama untuk Layanan Jasa Penerbitan Jaminan Proyek/Pekerjaan berupa sertifikat penjaminan dan dan .
    PT.Mekarjati Jaya LestariBANK GARANSISURETY BOND TANPA AGUNANGENERAL INSURANCE (Asuransi Umum)
    BANK GARANSI dan SURETY BOND sangat diperlukan Perusahaan Jasa Konstruksi / Non Konstruksi dalam melengkapi persyaratan teknis dalam mengikuti
    Tender/Lelang,Pelaksanaan Pekerjaan,Pembayaran Uang Muka dan Pemeliharaan Pekerjaan serta Jaminan Pembayaran SP2D untuk anggaran akhir tahun .

    Regard's
    Hermansyah
    contact Person : 0812 8941 1452 WA

    PT. MEKARJATI JAYA LESTARI
    Telp. (021) 2867 9195
    Fax. (021) 2867 9095

    ReplyDelete