INDENPRES MEDIA ISTANA

Tuesday 28 March 2023

Jokowi ; Jangan Campur Adukan Urusan Olahraga & Politik.

INDENPERS MEDIA ISTANA, JAKARTA----------- Presiden Joko Widodo sudah memastikan keikutsertaan Israel di Piala Dunia U20 yang berlangsung di Indonesia. Pada kesempatan itu, Jokowi menegaskan jangan campur adukan urusan olahraga dan politik.

"Dalam urusan Piala Dunia U20 ini kita sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya. Jadi jangan mencampur adukan urusan olahraga dan politik," tegas Jokowi dalam keterangannya, Selasa (28/3/2023

Menurut Jokowi, saat ini FIFA sudah mengetahui adanya penolakan-penolakan terhadap keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U20. Tetapi pemerintah maupun PSSI masih terus berusaha agar ada solusi terbaik.

Duta Besar (Dubes) Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun bertemu Presiden Jokowi Widodo baru- baru ini. (Sekretariat Kabinet)

"Untuk itu saya telah mengutus Ketum PSSI Erick Thohir untuk bertemu dengan tim FIFA untuk mencari penyelesaian yang terbaik, mencari solusi yang terbaik," sebutnya.

Meskipun menjamin Timnas Israel bisa bermain di Piala Dunia U20 di Indonesia, Jokowi menegaskan sikap politik Indonesia tetap mendukung kemerdekaan Palestina.

"Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina, karena dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat," jelasnya.(Rz / WK )**

No comments:

Post a Comment