INDENPRES MEDIA ISTANA

Friday 28 September 2012

Verifikasi Calon Gubenur Jawa Tengah Molor Dikarenakan Megawati Soekarno Putri Datang Ke Semarang.

Semarang-Jawa Tengah.
          Dengan adanya kedatangan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarno Putri ke Semarang pada tanggal 1 Oktober 2012 hari Senin mendatang membuat konsentrasi DPD PDIP Jawa Tengah terbelah. Vertifikasi administrasi penjaringan calon gubenur dan wakil gubenur pun molor dari jabwal.
          Saat ini konsentrasi pengurus DPD PDIP Jateng fokus kedatangan Megawati di Stadion Jatidiri Semarang. Maka, verifikasi calon yang seharusnya selesai pada tanggal 26September 2012 harus mundur. Hal itu dikatakan oleh sekretaris DPD PDIP Jateng Agustina Wilujeng. Dijelaskan pula oleh Agustina menerangkan mundur sekitar semingguan. Akan dijabwalkan ulang kira-kira hari Senin pada tanggal 8 Oktober 2012 mendatang verifikasi selesai dan berkas bisa dikirimkan ke DPP.
           Pihaknya telah menugaskan satu pengurus DPD memperlajari dan mencermati satu berkas cagub atau cawagub. Agustina menerangkan bahwa DPD semula diminta untuk mengajukan tiga nama cagub dan tiga nama cawagub. Semua berkas calon dikirimkan ke DPP karena mereka yang telah mengikuti penjaringan memiliki peluang dan kesempatan sama untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP.
           Diperjelas oleh Agustina bahwa vertifikasi berkas harus dibaca satu persatu dengan seksama untuk mengetahui latar belakang dan komitmen calon baik kepada partai maupun masyarakat.
           Adapun, kunjungan Megawati Soekarno Putri ke Semarang hari Senin tanggal 1 Oktober 2012 mendatang merupakan bagian dari roadshow-nya ke seluruh DPD-DPD. Setelah Jawa Tengah, Megawati akan mengunjungi DPD PDIP Manado.
           Mengenai peta perpolitikan di Jawa Tengah, Hendro Basuki menilai PDIP masih sulit digeser dengan partai lain karena memiliki ideologi kuat. Menurut Agustina Jawa Tengah ini masih menjadi basis PDIP terbesar dibandingkan Jawa Barat dan Jawa Timur. Hal itulah yang menjadikannya tertarik ikut serta dalam penjaringan cawagub di PDIP.
          Dikatakan oleh Agustina, kunjungan tersebut dimaksudkan sebagai tanda selesai proses konsolidasi organisasi. Sebab tahun depan, PDIP akan mulai tahap pemantapan program yakni penyelerasan program yang dihasilkan di kongres, konferda dan konfercab. Usai di GOR Jatidiri Semarang Megawati Soekarno Putri juga mantan Presiden RI dijabwalkan memimpin rapat tertuup di Kantor DPD PDIP Jawa Tengah di Gedung Panti Marhen, yang diikuti oleh 150 kader dari pengurus DPD, anggauta Fraksi PDIP DPR RI asal Jawa Tengah, Fraksi PDIP DPRD Jawa Tengah, dan kader yang menjadi kepala daerah. ( Andu )

No comments:

Post a Comment